Sabtu, 17 Oktober 2009

KARAKTERSITIK PERTUMBUHAN FISIK DAN PERKEMBANGAN MOTORIK

I PENDAHULUAN
Dalam kehidupan anak ada 2 proses yang beroperasi secara kontinu, yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Kedua proses ini berlangsung secara interpenden, saling bergantung satu sama lainnya. Kedua proses itu tidak bisa dipisahkan dalam bentuk yang murni bediri sendiri – sendiri, akan tetapi bisa dibedakan untuk mudah memahaminya

II RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana pertumbuhan fisik dan perkembangan motorik pada anak ?
2. Apa factor – factor yang mempengaruhi perumbuhan fisik dan perkembangan motorik ?
3. Bagaimana mengoptimalkan pertumbuhan fisik dan perkembangan motorik ?

III PEMBAHASAN
A. Pertumbuhan Fisik
Pertumbuhan ialah merupakan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi – fungsi fisisk yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat, dalam passage ( peredaran waktu ) tertentu .
Pertumbuhan berarti pula sebagai proses transmisi dari konstitusi fisik ( resam tubuh, keadaan jasmaniah ) yang herediter / turun menurun dalam bentuk proses aktif secara berkesinambungan.
Hasil Pertumbuhan dapat berwujud :
1) Badan bertambah besar;
2) Tubuh bertambah berat;
3) Tulang – tulang lebih besar, panjang, berat, dan kuat;
4) Perubahan system persyarafan;
5) Perubahan pada struktur jasmaniah lainnya.

Pada waktu dilahirkan, anak laki – laki umumnya lebih pajang dan lebih berat dari pada anak wanita. Selama tahun pertama, panjang badan bertambah 1/3 bagian dan berat badan menjadi 3 kali berat semula. Proporsi badan berubah dengan cepat terutama pada bagian kedua tahun pertama. Kaki tumbuh dengan sangat cepat mulai 8 minggu, lebih cepat dibanding dengan pertumbuhan kepala. Kepala tumbuh relative lebih lambat dibandingkan dengan pertumbuhan badan sebagai keseluruhan.
Pertumbuhan jasmaniah berakar pada organisme yang selalu berproses untuk menjadi ( the process of coming into being ). Jelasnya,organisme merupakan system yang mekar secara kontinu, yang selalu beroperasi atau berfungsi, juga sifat dinamis, dan tidak pernah statis secara komplit ( kecuali kalau sudah mati ).
Pertumbuhan jasmaniah ini dapat diteliti dengan mengukur :
1) berat;
2) Panjang; dan
3) Ukuran lingkaran, misal : kepala, dada, pinggul, lengan, dan lain sebagainya.
Dalam pertumbuhannya, macam – macam bagian tubuh itu mempuyai perbedaan tempo kecepatan. Misal :
- Pertumbuhan alat – alat kelamin berlangsung paling lambat pada usia anak – anak, tetapi mengalami percepatan pada masa pubertas;
- Pertumbuhan susunan syaraf pusat berlangsung paling cepat pada masa kanak – kanak, kemudian menjadi lambat pada masa akhir anak – anak, dan relative berhenti pada masa spubertas.
Faktor – factor yang mempengaruhi pertumbuhan organis :
1) Faktor – factor sebelum lahir. Sseperti : perisiwa kekurangan nutrisia pada ibu dan janin, jani terkena virus, keracunan sewaktu bayi ada dalam kandungan;
2) Faktor ketika lahir. Seperti : intracranial haemorrahage atau pendarahan pada bagian kepala bayi, disebabkan oleh tekanan dari dinding rahim ibu sewaktu ia dilahirkan.
3) Factor sesuah lahir. Seperti : pengalaman traumatic ( luka – luka ) pada kepala, kepala bagian dalam luka karena bayi jatuh, kepala terpukul, atau mengalami serangan sinar matahari ( Zonnessteek );
Bayi – bayi yang dilahirkan oleh ibu – ibu dari golongan social ekonomis yang rendah pada umumnyatubuh lebih kecil dari pada bayi – bay yang dilahirkan oleh ibu – ibu dari klas menengah dan tinggi.
4) Faktor Psikologis. Seperti : bayi diringgalkan ibu, ayah atau kedua orag tuanya. Anak yang demikian akan mengalami innatsitie ( kehampaan psikis, kering dari perasaan, sehingga mengakibatkan retardasi / kelambatan pertumbuhan pada semua fungsi jasmaniah.

B. Perkembangan Motorik
Perkembangan ialah Perubahan – perubahan psiko – fisik sebagai hasil dari proses pematangan fungsi – fungsi psikis dan fisik pada anak, ditunjang oleh factor lingkungan dan proses belajar dalam passage waktu tertent, menuju kedewasaan .
Perkembangan anak tidak berlangsung secara mekanis – otomatis, sebab perkembangan tersebut sangat tergantung pada beberapa factor secara simultan, yaitu:
1) Faktor Herediter ( Warsisan sejak lahir, bawaan );
2) Faktor Lingkungan yang menguntungkan, atau yang merugikan;
3) Kematangan fungsi – fungsi organis danfugsi - fungsi spsikis, dan;
4) Akstivitas anak sebagai subyek bebas yang berkemauan, kemampuan seleksi, bisa menolak atau menyetujui, punya emosi, serta usaha membangun diri sendiri.
Di dalam membicarakan perkembangan perkembangan motorik anak, akan dibicarakan tentang ciri – ciri motorik, yang pada umumnya melalu 4 tahap . Yaitu :
1) Gerakan – gerakannya tidak disadari, tidak disengaja, dan tanpa arah. Gerakan anak pada masa ini semata – mata hanya oleh karena adanya dorongan dari dalam. Misal : anak mengerak – gerakan kaki dan tangannya, memasukkan tangan ke mulut,mengedipkan mata, dan gerak – gerak lain, yang tidak disebabkan oleh adanya dorongan rangsangan dari luar.
2) Gerakan – gerakan anak itu tidak khas. Artinya gerakan yang timbul, yang disebabkan oleh perangsang tidak sesuai dengan rangsangannya.
Misal : bila si anak diletakkan di tangannya sesuatu benda, maka benda itu dipegangnya tidak sesuai dengan kegunaan benda tersebut, sehingga bagi orang dewasatampak sebagai sesuatu gerakan yang bodoh;

3) Gerakan – gerakan anak itu dilakukan dengan masal. Artinya hampir seluruh tubuh ikut bererak untuk mereaksi perangsang yang datang dari luar.
Misal : Bila kepadanya diberikan sebuah bola, maka bola itu diterima dengan kedua tangan dan kedua kakinya sekaligus;
4) Gerakan – gerakan anak itu disertai gerakan – gerakan lain, yang sebenarnya tidak diprlukan.
Di dalam perkembangan selanjutnya gerakan – gerakan itu makin lama makin terdiferensiasi, artinya hanya bagian tubuh tertentu saja yang bergerak. Dan itu pun bila ada perangsang yang mengenalnya. Misal :
- bila pada bibirnya disentuhkan sesuatu, maka hanya bibir itu saja yang bererak.
- Bila kepadanya dipancarkan cahaya yang mengenai matanya, ia pun hanya berkedip – kedip karena silau, dan sebagainya.
Sesudah agak besar, maka tampak bahwa gerakan – gerakan anak itu tidak lagi hanya oleh karena dorongan dari dalam, melainkan gerakan – gerakan itu sudah dikuasai. Tentu saja hal ini adalah oleh karena grakan – gerakan itu telah dibantu oleh hasil perkembangan – perkembangan yang lain, misalnya dibantu oleh perkembangan alat indra, dibantu perkembangan keseimbangan, dan sebagainya.
Pada masa berikutnya anak sering pula melakukan gerakan – gerakan yang berlebihan. Hal ini dapat dilihat pada waktu mereka bermain – main. Mereka melakukan gerakan itu selalu berlebih dari secukupnya. Mereka tampak berlari – lari, berteriak – teriak, dan sebagainya yang sebenarnya tidak perlu. Hal inilah, yang menyebabkan mengapa pada kehidupan anak – anak yang sering terjadi ribut – ribut, yang bagi orang tua yang kurang mengerti, mereka sangat mngganggu dan merepotkan. Hal ini pulalah yang menyebabkan mengapa anak lebih senang kepada permainan yang menggunakan banyak gerakan – gerakan, dari pada permainan yang hanya dilakukan dengan duduk – duduk.

C. Faktor – factor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Fisik dan Perkembangan Motorik
Beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak :
a. Kesehatan, yang kurang baik dapat menghambat anak menikmati yag ia lakukan;

b. Lingkungan, yang tidak mendukung;
c. Bimbingan yang kurang tepat, baik dari guru, orang tua, terutama dalam bimbingan belajar dan berperilaku secara social;
d. Keputusan yang kurang tepat dan tidak terncana;
e. Tidak diberikan kebebasan pada anak untuk mengekspresikan dirinya;
f. Harapan – harapan yang realistis,

D. Optimalisasi Pertumbuhan Fisik dan Perkembangan Motorik
Penguasaan tugas – tugas perkembangan tidak lagi sepenuhnya menjadi tanggung jawab orang tua seperti seperti pada tahun – tahun prasekolah. Sekarang, penguasaan ini juga menjadi tanggung jawab guru – guru dan sebagian kecil juga menjadi tanggung jawab kelompok teman – teman. Misal : pengembangan berbagai ketrampilan dasar dasar seperti membaca, menulis, berhitung, dan pengembangan sikap – sikap terhadap kelompok social dan lembaga – lembaga
Upaya – upaya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan perkembangan pada masa anak – anak :
1) Fakktor kesehatan dan gizi. Ini merupakan factor penting agar pertumbuhan fisik anak dapat berkembang secara ideal. Semakin baik kesehatan dan gizi, anak cenderung semakin besar dari usia ke usia dibandingkan dengan anak yang kesehatan dan gizinya buruk;
2) Kestabilan emosional. Ketegangan emosional juga dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik. Anak yang tenang tumbuh lebih cepat dari pada anak yang mengalami gangguan emosional.
3) Menstimulasi kecerdasan anak;
4) Mengembangkan Kreativitas.

IV KESIMPULAN
1) Hasil Pertumbuhan dapat berwujud :
a. Badan bertambah besar;
b. Tubuh bertambah berat;
c. Tulang – tulang lebih besar, panjang, berat, dan kuat;
d. Perubahan system persyarafan;
e. Perubahan pada struktur jasmaniah lainnya.
2) Perkembangan anak tidak berlangsung secara mekanis – otomatis, sebab perkembangan tersebut sangat tergantung pada beberapa factor secara simultan, yaitu:
a. Faktor Herediter ( Warsisan sejak lahir, bawaan );
b. Faktor Lingkungan yang menguntungkan, atau yang merugikan;
c. Kematangan fungsi – fungsi organis danfugsi - fungsi spsikis, dan;
d. Akstivitas anak sebagai subyek bebas yang berkemauan,.
3) Beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak :
a. Kesehatan, yang kurang baik dapat menghambat anak menikmati yag ia lakukan;
b. Lingkungan, yang tidak mendukung;
c. Bimbingan yang kurang tepat,
d. Keputusan yang kurang tepat dan tidak terncana;
e. Tidak diberikan kebebasan pada anak untuk mengekspresikan dirinya;
f. Harapan – harapan yang realistis,

V PENUTUP
Demikianlah makalah yang kami susun mengenai Karakterisik Pertumbuhan Fisik dan Perkembangan Motorik, untuk itu kita pelajari apakah pertumbuhan fisik dan perkembangan motorik pada anak sesuai dengan teori – teori tersbut. Dan pada akhirnya masukan – masukan ataupun kritikan – kritikan yang konstruktif sangatlah kami nantikan guna membenahi makalah kami yang akan datang.

1 komentar:

  1. JAGODOMINO Agen poker Online Terpercaya dan terbaik di Indonesia

    *Minimal Deposit Hanya Rp 15.000
    *Minimal Withdraw Hanya Rp 30.000
    *Proses Deposit & Withdraw Super Cepat & aman
    *Dilayani Oleh CS yang Profesional dan Ramah 24 Jam
    *Player Vs Player Dijamin 100% (Tanpa Robot)

    *=================[BIG PROMO]=================*

    *Bonus CASHBACK 0.2%-0.5% [SETIAP HARI]
    *Bonus REFERENSI 20% [SEUMUR HIDUP]

    info selanjutnya silahkan hubungi CS 24 jam yang siap melayani anda...
    WA: +855717086677
    BBM: jago288

    BalasHapus